Blog

Pinboard Jenaka Dalam Permainan Matematika

 

PENGGUNAAN PINBOARD JENAKA DALAM PERMAINAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG  SISWA

Usia dini merupakan usia yang efektif untuk mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki anak-anak.  Pada masa ini anak mulai sensitif untuk menerima berbagai upaya perkembangan seluruh potensinya, sehingga menjadi masa yang sangat penting dalam mengembangkan kemampuan fisik, kognitif, bahasa,seni dan nilai-nilai moral, sosial emosional. Hurlock (1983) mengatakan bahwa lima tahun  pertama dalam kehidupan seorang anak merupakan peletak dasar bagi perkembangan selanjutnya. Peaget juga mengatakan bahwa untuk meningkatkan perkembangan mental anak ke tahap yang lebih tinggi dapat dilakukan dengan memperkaya pengalaman anak  terutama pengalaman konkrit, karena dasar-dasar perkembangan mental adalah melalui pengalaman-pengalaman aktif dengan menggunakan benda-benda di sekitarnya. Perkembangan anak yang sangat kompleks dan memiliki arti yang sangat penting tersebut tidak dapat dipandang secara sederhana, optimalisasi perkembangan anak  memerlukan pengkondisian yang kondusif.

Upaya untuk mencapai hasil optimal dalam lingkup pengembangan kognitif khususnya kemampuan berhitung telah dilakukan penulis dengan berbagai aktifitas yang mendukung misalnya melalui kegiatan penanaman  konsep berhitung dengan menggunakan  menggunakan benda-benda konkrit, tetapi belum  membuahkan hasil yang memuaskan. Dari observasi ditemukan beberapa fakta yaitu sebagian besar siswa kurang  konsentrasi dan  tidak fokus dalam  mengikuti pembelajaran, siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran,siswa kesulitan memahami konsep bilangan dankurang percaya diri dalam berhitung. Fakta ini  terjadi karena pembelajaran berhitung yang telah dilakukan penulis selama ini kurang bervariatif, media yang digunakan  kurang menarik sehingga peserta didik bosan dan tidak berminat.

Berdasarkan fakta-fakta di atas, maka penulis perlu menggunakan media Pinboard Jenaka dalam kegiatan berhitung.Pinboard Jenaka dirancang sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran di Taman Kanak-Kanak  melalui kegiatan belajar sambil bermain bermain seraya belajarsiswa akan memperoleh dan memproses informasi dan melatih melalui keterampilan yang ada. Dalam  permainan berhitungmenggunakan Pinbord Jenaka memberikan kesempatan siswa untuk  beraktifitas dan bersosialisai dengan lingkungannya, memberikan pengalaman, pengetahuan dan keterampilan dan dapat menumbuhkan  beberapa aspek yang positif seperti  kemandirian, berbahasa, kognitif, jasmani, sosial emosional maupun pengembangan karakter siswa seperti kerjasama, saling menghargai, berbagi dan rasa percaya diri.

Pinboard Jenakamerupakan mediayang menarik dan sesuai dengan karakteristik siswa Taman Kanak-Kanak serta memiliki potensi lebih untuk mewujudkan harapan agar siswa dapat berpikir logis dan sistematis sejak dini melalui pengamatan terhadap gambar-gambar atau angka-angka yang ada pada media. Pinboard Jenaka tepat digunakan untuk mendukung aktifitas berhitung yang berorientasi pada pola pembelajaran kolaborasi sebagai perwujudandari pembelejaran kooperatif. Pinnboard Jenaka dapat digunakan sebagai sarana pendukung pembelajaran yang berpusat pada siswakarena dalam kegiatan berhitung menggunakan media Pinboard Jenaka, siswa diberi kesempatan untuk menentukan pilihan, mengemukakan pendapat, dan aktif melakukan aktifitas atau melakukan atau mengalami sendiri sedangkan guru bertindak sebagai fasilitator.

Beberapa aktifitas permainan berhitung yang dilaksanakan  secara berkelompok dengan memanfaatkan media Pinboard Jenakaantara lain bermain bilangan,melalui kegiatan ini diharapkan siswa mampu mengenal dan memahami konsep bilangan, transisi dan lambang bilangan sesuai dengan jumlah benda-benda, pengenalan bentuk lambang dan dapat mencocokkan sesuai dengan lambang bilangan, bermain klasifikasi melalui kegiatan ini diharapkan siswa dapat mengelompokkan atau memilih benda berdasarkan jenis, fungsi,warna dan bentuk dan dengan bermain statistika diharapkan siswa dapat memiliki kemampuan untuk memahami perbedaan-perbedaan dalam jumlah dan perbandingan dari hasil pengamatan terhadap suatu obyek.

Aspek-aspek yang diamati dan dinilai selama bermain berhitung menggunakan Pinboard Jenakadalam penelitian yang telah dilakukan meliputi aspek ketepatan dan kecepatan dalam berhitung dan melaksanakan intruksi guru, selain itu respon siswa termasuk antusiasme siswa dalam mengikuti pelajaran, suasana kelas, ekspresi wajah siswa saat pembelajaran, motivasi belajar siswa juga diukur melalui  semangat dsiswa dalam mengikuti kegiatan bermain, keaktifan dilihat dari partisipasi atau banyaknya siswa yang mampu dan mau memberikan masukan, koreksi atau pendapat saat permainan berlangsung dan kerja sama dengan teman saat bermain bersama kelompoknya.

Penelitian tindakan kelas dilaksanakan selama 2 siklus.Pada  siklus I langkah-langkah pembelajarannya meliputi hal-hal sebagai berikut, (1) melakukan kegiatan yang membangkitkan semangat misalnya bertepuk, menyanyi dll,  (2) menyampaikan tujuan pembelajaran, (3) menyampaikan materi dan tehnis pelaksanaan berhitung (bermain klasifikasi dan bermain bilangan ) menggunakan media Pinboard Jenaka, (4) membentuk kelompok di   area matematika (anggota memilih anggota kelompoknya sendiri, (5) melakukan  permaian berhitung menggunakan media Pinboard Jenaka, (6) melaksanakan evaluasi sebagai umpan balik hasil pembelajaran Sedangkan pada siklus II dirancang kegiatan berdasarkan hasil refleksi pada siklus I, kegiatan pada siklus II ini meliputi hal-hal sebagai berikut, (1) melakukan kegiatan yang membangkitkan semangat misalnya bertepuk, menyanyi dll,  (2) menyampaikan tujuan pembelajaran, (3)  menyampaikan materi dan tehnis pelaksanaan berhitung (bermain statitiska dan bermain bilangan ) menggunakan media Pinboard Jenaka, (4) membentuk kelompok di   area matematika (anggota kelompok ditentukan oleh guru), (5) melakukan  permainan berhitung menggunakan media Pinboard Jenaka, (6) melaksanakan evaluasi sebagai umpan balik hasil pembelajaran, (7) pemberian reward .

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran berhitung diakhir siklus 2 semakin berkualitas dan  dapat digambarkan sebagai berikut: (1) respon siswa terhadap pembelajaran sudah sangat baik, hak ini terlihat dari tepuk tangan tanda gembira saat guru menjelaskan kegiatan berhitung akan  menggnakan Pinboard Jenaka, (2) sebagian siswa  sangat senang dapat berganti kelompok meskipun anggota kelompoknya ditentukan oleh guru, (3) motivasi belajar peserta didik sangat besar dengan fenomena yang terjadi yaitu siswa berminat menggunkan media saat pembelajaran telah usai, (4) keaktifan meningkat hal ini terlihat dari setiap siswa  sangat berperan dalam proses pembelajaran mulai diskusi kelompok, memberi arahan kepada teman,  bahkan mengoreksi dan memberi bantuan teman yang belum bisa serta tidak ditemukannya lagi peserta didik yang keluar kelas dengan berbagai alasan, berkaitan dengan hal ini konsentrasi perserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sangat baik karena sebagian besar peserta didik sangat aktif, (5) percaya diri sudah sangat baik hal terlihat dari sebagian peserta didik dapat melakssiswaan semua intruksi guru dengan tangkas dan tepat  dalam menyelesaikan lembar kegiatan siswa,  tidak lagi ditemukan peserta didik yangkebingungan  .

Grafik Perkembangan Proses Pembelajaran Berhitung Menggunakan Media Pinboard Jenaka

Sedangkan dari hasil evaluasi pembelajaran berhitung menggunakan media Pinboard Jenaka pada akhir siklus 2 menunjukkan peningkatan, aspek yang menjadi penilaianmeliputi aspek ketepatan dan kecepatan.

Grafik Perkembangan Penilaian Hasil Kemampuan Berhitung Menggunakan Media dalam Konversi

Dengan demikian penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media Pinboard Jenaka dalam kegiatan pembelajaran mempunyai dampak yang positif terhadap proses dan hasil pembelajaran khususnya dalam kemampuan berhitung.

Media Pinboard Jenaka

Oleh: Ana Maslicha, S.Pd

(Juara Harapan I Lomba Media Pembelajaran Kota Malang Tahun 2014)

No Comments Yet


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *