Blog

Sekarang Aku Tahu Ikan Juga Punya “Pelampung”

Model pembelajaran yang paling tepat diterapkan untuk anak usia dini adalah dengan menggunakan pendekatan Kontekstual. Pendekatan menyenangkan yang berfokus pada siswa ini dipastikan akan memberikan pengetahuan dan pengalaman yang luas dan bermakna tentang suatu obyek. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencapai hal tersebut adalah dengan “Field Trip” atau Kunjungan Wisata Edukatif seperti kunjungan ke UPT Balai Benih Ikan di Punten Batu yang telah dilaksanakan oleh siswa kelompok B TK Islam Sabilillah Malang pada hari Kamis, 20 Nopember 2014. Kegiatan ini di ikuti oleh 72 siswa dan didampingi oleh 5 Orang guru.

Kelas berjalan ini berkaitan dengan pembelajaran yang bertema Binatang Bertelur. Kegiatan ini diawali dengan pengenalan tentang Balai Pembenihan Ikan Punten dilanjutkan dengan pengenalan anatomi ikan dengan melakukan pembedahan ikan. Di sela-sela antusiasme siswa mengamati dan mendengarkan penjelasan yang disampaikan oleh petugas dari Balai Pembenihan Ikan ini, terdengar celetuk seorang siswa “ Subhanallah, ternyata ikan juga punya“ pelampung” oh… ya.., ya.. itu lho gelembung renang, Pak, kalau gelembungnya bocor , apa ikannya masih bias berenang?” sehingga suasana belajar semakin bergairah dan memuaskan rasa ingin tahu anak.

Selain kegiatan mengenalan atomi ikan, pada kesempatan kunjungan wisata educative ini siswa juga diajak berkeliling area pembenihan ikan dipandu oleh nara sumber Ibu Amalisa. Dengan Bahasa sederhana yang mudah dipahami oleh anak beliau menjelaskan cara membudidayakan ikan dan jenis-jenis ikan yang dibudidayakan, misalnya ikan nila, ikan mas punten dan ikan koi. Berbagai komentar muncul dari para siswa, misalnya Amanda Daniswara dari kelompok B 1 yang dengan kritis bertanya“ Kenapasih Papa dan Mamanya ikan harus dipisah dari anaknya?”

Kegiatan dilanjutkan dengan menangkap ikan yang diletakkan di kolam yang sangat luas, kegiatan ini sangat mengasyikkan bagi Ananda, karena mereka harus berlomba untuk mendapatkan ikan, yang mengisyaratkan kepeda mereka jika menginginkan sesuatu haruslah melalui perjuangan atau bekerja keras terlebih dahulu. Selain itu untuk melatih kesabaran dan konsentrasi anak.
Wisata edukatif ini mempunyai tujuan yang komplek yaitu untuk mengenal keagungan ciptaan Allah SWT, mengenalkan kekayaan alam Indonesia sehigga tertanam rasa cinta kepada Allah SWT, alam sekitar dan tanah airnya.(am)

No Comments Yet


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *