Blog

Ternyata Burung Merpati Juga Pahlawan

Jangan pernah melupakan sejarah, itulah salah satu nasehat orang tua yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari, tetapi TK Islam Sabilillah mempunyai jargon lain untuk mengekspresikan itu yaitu dengan visikomitmen kebangsaanya yang senantiasa mewujudkan rasa cinta tanah air kepada Ananda sejak dini. Berbagai cara dilakukan untuk mencapai tujuan ini salah satunya dengan melakukan wisata edukatif atau “Field Trip” ke museum Brawijaya Malang. Musium menampilkan rekam jejak sejarah perjuangan bangsa Indonesia dimasa merebut kemerdekaan melalui koleksi-koleksinya melalui benda-benda yang memberi arti penting akan bukti perjuangan para pahlawan.
Melalui kegiatan ini diharapkan Ananda mengetahui bagaimana perjuangan para pahlawannya meraih kemerdekaan sehingga tertanam sejak dini rasa cinta kepada tanah air.

Untuk melengkapi rangkaian peringatan hari Pahlawan, pada hari Rabu, 5 Nopember 2014, seluruh siswa kelompok B TK Islam Sabilillah Malang yang berjumlah 72 siswa melakukan kegiatan belajar di museum Brawijaya Malang. Di area depan museum Amanda dapat mengenal berbagai macam koleksi benda bersejarah seperi tank dan meriam yang telah digunakan oleh para pejuang dalam perang kemerdekaan 10 Nopember 1945 di Surabaya, mereka sangat antusias membaca informasi di setiap kendaraan yang dipajang dan merasakan sensasi secara langsung naik tank lengkap dengan pengekspresiannya sebagai seorang pahlawan. Kegiatan dilanjutkan dengan mengikuti arahan dan penjelasan dari petugas museum Brawijaya tentang keberadaan museum ini kemudian diajak untuk berkeliling mengenal benda-benda koleksinya misalnya mobil sedan de Soto, dan yang paling menarik perhatian Amanda adalah keberadaan burung merpati pos, ditengah-tengah mengikuti penjelasan petugas seorang siswa kelompok B3 yang bernama Ricardh berkomentar sambil mengangguk-anggukan kepalanya “ Oh…ternyata burung merpati juga pahlawan”.

Perjalanan semakin seru saat Amanda melihat koleksi foto-foto para pejuang PETA, koleksi senjata dan dapat mengenal alat komunikasi dan computer jaman dahulu yang digunakan waktu itu. Kegiatan diakhiri dengan mengunjugi Gerbong Maut, rasa lelah tak terasakan karena tergantikan oleh rasa puas keingintahuannya terpenuhi. Dengan menyanyi lagu Hari Merdeka Amanda berbaris untuk kembali kesekolah.(am)

No Comments Yet


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *